Reformasi Pendidikan Hukum

Latar Belakang

Pendidikan tinggi hukum memiliki peran dan posisi strategis dalam mengembangkan sistem dan budaya hukum di masyarakat. Pendidikan tinggi hukum dapat menjadi pusat rujukan bagi problema hukum yang berkembang. Pada kenyataannya, pendidikan tinggi hukum saat ini belum mampu berperan optimal dalam menentukan dan mempengaruhi berbagai kebijakan hukum yang ada, agar sejalan dengan prinsip-prinsip keadilan. Selain itu, pendidikan tinggi hukum juga belum berhasil menjadi penopang bagi lahirnya professional hukum yang memiliki visi dan komitmen terhadap keadilan sosial. Bahkan ada kecenderungan, pendidikan tinggi hukum semakin menjauh dari realitas kehidupan sosial.

Menurut ILRC ini disebabkan oleh dua hal yaitu paradigma dan proses penyelenggaraan pendidikan tinggi hukum. Paradigma terkait dengan visi dan orientasi penyelenggaraan pendidikan tinggi hukum, sedangkan penyelenggaraan terkait dengan model maupun metode penyelenggaraan pendidikan tinggi hukum. Terkait dengan permasalahan tersebut, ILRC mengembangkan program reformasi pendidikan tinggi hukum yang bertujuan untuk:

  • Mendorong pembaruan pendidikan tinggi hukum berbasis hak asasi manusia dan keadilan sosial.
  • Mengembangkan diskursus hak asasi manusia dan keadilan sosial dalam pendidikan tinggi hukum.
  • Mengembangkan sistem penyelenggaraan dan pengajaran pendidikan tinggi hukum yang berorientasi pada penguatan perspektif hak asasi manusia dan keadilan sosial.
  • Mengembangkan Clinical Legal Education dalam pendidikan tinggi hukum.
  • Memperkuat kapasitas dan perspektif pengajar di Fakultas Hukum tentang hak asasi manusia dan keadilan sosial.
  • Mendorong kolaborasi antara pendidikan tinggi hukum, organisasi non pemerintah dan kelompok marginal.
  • Menyediakan berbagai kebutuhan bahan ajar, yang dapat memperkuat perspektif hak asasi manusia dan keadilan sosial.

Pola intervensi yang dikembangkan untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan melalui berbagai aktivitas diantaranya asistensi, penelitian/kajian, public lecture (kuliah umum), workshop, jaringan, penerbitan, pelatihan dan lain-lain.

Implementasi Program